Jumat, 19 Oktober 2018

Manusia adalah Titah Tuhan (Kuliah ke 3 yaa gaes)

👉😊😇
👇


Di dalam diri manusia / diri seorang individu memiliki 3 komponen yang tanpa di sadari ketiga nya adalah komponen yang saling melengkapi . ketiga komponen ini yakni :
·        *  Ruang, dalam setiap diri individu memiliki ruang yang sangat luas. Dimana ruang ini memang tidak dapat dilihat secara fisik tetapi dapat di rasakan oleh setiap diri individu . Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya imajinasi dari dalam diri manusia, dimana setiap pribadi dapat berimajiansi yang sangat luas dan tak terbatas. Keberadaan ruang ini lah yang menajdikan tempat mansuia untuk bermimpi meski belum dapat melakukan nya apa yang telah menajdi imajinasinya . Contohnya dalam diri mansuia yang sedang belajar di dalam kelas, tetapi berpikiran tentang rencana nya untuk jalan-jalan keluar negri . Secara jasad individu tersebut memang berada di kelas, namun pada dasarnya imajiansinya sedang berada pada hal yang lain nya . Karena pada pada dasarnya ruang di dalam diri manusia lebih luas dan adanya imajinasi untuk mengeksplorasi di ruang yang luas dan jauh
·        *  Roh, yakni nyawa yang ada pada diri manusia.
·        * Jasad, adalah fisik manusia . Badan manusia inilah yang disebut sebagai jasad yang dapat di lihat dengan mata dan nyata .
Segala sesuatu yang ada pada ruang manusia dapat terlaksana dengan adanya akal yang dimiliki oleh manusia. Akal pada diri manusia misterius keberadaan nya, yang dapat dirasakan dan berpengaruh pada kehidupan manusia tetapi tidaka dapat di lihat secara fisik / lahiriyah oleh manusia itu sendiri . Dimana akal yang ada pada diri manusia ini berfungsi untuk mengendalikan otak kanan dan otak kiri. Fungsi lain dari akal yakni sebagai generator penggerak realitas (asma).
            Dalam bahasa, asma berarti nama . Namun dalam konteks ini asma memiliki cangkupan yang sangat luas . Dimana di dalam kata asma ini memiliki memiliki sebuah cangkupan kepribadian baik dalam sifat dan kehidupan nya . Contohnya dalam asma Utami, di dalam nama utami memiliki cangkungan yang lebih luas dari pada sekedar nama utami . Yang amna dalam hal ini dapat di artikan bahwa Utami adalah dia yang meiliki sifat baik dan terlahir di keluarga yang sederhana tetapi penuh dengan kasih sayang . Di dalam asma inilah seorang individu memiliki kepribadian yang berbeda-beda yang membedakan nya antara satu dengan yang lain nya .
            Pendidikan yang di bawakan oleh Ki Hajar Dewantara adalah pendidikan yang mengahdirkan kesadaran . Kesadaran dalam hal ini dapat dimaknai bahwa manusia harus menjalankan akal nya dengan baik dengan penuh kesadaran . Ki Hajar Dewantara mengungkapkan bahwa manusia adalah Titah Tuhan . Di mana Titah disini memiliki makna jejak, landasan, dan darah. Maka dari pada itu di dalam diri manusia ada jejak dari Tuhan , sehingga sebagai manusia yang baik harus melakukan segala sesuatu sebagaimana yang di perintahkan oleh Tuhan dan menjauhi segala larangannya . Karena pada dasarnya di dalam diir mansuia adalah perjalanan dari Tuhan .
            Pada dasarnya Tuhan secara dzat menciptakan alam dan isinya termasuk manusia adalah sebagai kuasanya Nya untuk menunjukkan bahwa Ia adalah ada . Manusia di ciptakan sebagai ciptaan Nya yang terakhir . Yang mana mansuia di anggap sanggup merangkul semua yang ada di bumi . Alam menjadi subjek manusia mengenal Tuhan. Pada ungakpan bahwa manusia adalah titah dari Tuhan maka sebenarnya segala sesuatau yang berada di dalam diri manusia hanya manusia itu sendiri yang dapat mengelola . Sehingga kiuta sebagai manusia harus bisa mengelola diri secara baik . Segala sesutau yang terjadi di alam termasuk bencana sebenarnya adalah rahmat dari Allah . Allah hanya menjalankan segala fungsi dari alam yang dciptakan nya. Misalakn saja pada saat gunung merapi erupsi, sering kali kita menyebutnya sebuah bencana . Dan kita melupakan bahwa setelah adanya bencana tesebut tanah dan sekitar nya menjadi subur . Sebagai mansuia kita perlu untuk selalu bersyukur dan memaknai secara baik segala sesuatu yang diberikan oleh Allah.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar